Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru TA. 2017/2018 Magister (S2) [LINKDoktor (S3) [LINK]

situs ridho1991
Hukum Islam (HI)


Zaman dan generasi pindah, kebudayaan dan gaya hidup manusia berubah, dan masalah kehidupan semakin bertambah. Studi Islam kini semakin menghadapi tantangan yang semakin besar dan kompleks (globalisasi). Pesatnya kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, bukan hanya memaksa para ilmuwan untuk berperan lebih aktif memikirkan masa depan peradaban umat manusia, akan tetapi para pemikir muslim disebut untuk lebih memahami dampak kemajuan peradaban umat manusia melalui pendekatan hukum Islam. Karena kompleksitas problematika kehidupan masyarakat yang membutuhkan solusi hukum Islam secara efektif sejalan dengan perkembangan dan kemajuan dunia modern yang semakin kompleks (musykil), maka elastisitas hukum Islam semakin dituntut konkrisitasnya dalam masyarakat baik lokal, regional, nasional bahkan internasional.

Untuk meningkatkan kualitas guru agama bidang fiqh pada madrasah tsanawiyah dan aliyah, dibuka konsentrasi Fiqh bekerjasama dengan Departemen Agama mulai tahun ajaran 2009/2010. Segala sesuatu yang berhubungan dengan pembiayaan perkuliahan diatur oleh Dirjen Perguruan Tinggi Agama Islam Pusat.

Visi

Mewujudkan program studi Hukum Islam sebagai lembaga utama dalam mengembangkan dan meng aplikasikan hukum Islam yang berwawasan luas, di level internasional tahun 2023 .     

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan jenjang magister (S2) di bidang Hukum Islam yang aktual dan fungsional
  2. Mengembangkan pemahaman dan wawasan hukum Islam yang aktual dan fungsional
  3. Meningkatkan penelitian dan kajian ilmiah tentang hukum-hukum Islam yang bermanfaat bagi kehidupan
  4. Melahirkan manusia yang berkualitas ilmiah yang mampu mengembangkan, menerapkan dan mentransformasikan Hukum Islam yang berwawasan akademik dan profesional
  5. Mengadakan kerjasama dengan berbagai pihak
  6. Meningkatkan kualitas akademik guru madrasah bidang fiqh

Tujuan

Program studi ini bertujuan untuk melahirkan magister yang tangguh, menguasai, dan mampu menyelesaikan berbagai problematika kehidupan modern yang semakin kompleks dan membutuhkan solusi Hukum Islam secara arif dan profesional.   

Sasaran

  1. Mendidik program magister (S2) yang berkompeten dan profesional dalam bidang hukum Islam
  2. Mengapresiasi kemajuan dunia modern yang semakin krusyial melalui pendekatan hukum Islam yang inklusif dan komprehensif