Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Gel. II TA. 2017/2018 pada 13 Nopember 2017 s.d 19 Januari 2018 [LINKRegistrasi Online [LINK]

situs ridho1991
PRODUK ARRUM TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA MIKRO DAN KECIL
Mahasiswa : A R F A H
Tanggal Posting : 24 Februari 2015
Dikirim oleh : Fajril Anwar Ahda, S.Pd

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRAK

PENGARUH PRODUK ARRUM TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA MIKRO DAN KECIL PADA PEGADAIAN SYARIAH SE KOTA PEKANBARU

(Studi Kasus Cabang Pegadaian Syariah Ahmad Yani dan Soebrantas Panam)

 

Nama: A R F A H

NIM : 21196104107

 

Adanya produk Arrum yang ditawarkan oleh Pegadaian Syariah Se Kota Pekanbaru untuk usaha mikro dan kecil dalam bentuk pembiayaan, diharapkan dapat meningkatkan usaha serta dapat meningkatkan omzet pendapatan. Namun, perlu dicermati  apakah pembiayaan ini telah dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pengusaha mikro dan kecil tersebut.

Proses pelaksanaan produk Arrum telah dilakukan oleh Pegadaian Syariah, baik melalui sosialisasi produk, penyebaran brosur maupun melalui media iklan serta mengawasi nasabah yang telah memanfaatkan produk Arrum, kenyataannya belum memenuhi ukuran hasil yang maksimal dalam penyaluran pembiayaan produk Arrum kepada pengusaha mikro dan kecil, akan tetapi produk Arrum masih ditawarkan kepada masyarakat. Berdasarkan data dari tahun 2013 bahwa terjadi fluktuasi nasabah yang memanfaatkan pembiayaan Arrum dari Januari sampai Desember Pegadaian Syariah hanya mampu mencapai target bulanan yang telah ditentukan oleh Kanwil II Pekanbaru sebanyak dua kali  yaitu pada bulan April dan Juli, jika dilihat dari target yang ditentukan pertahun sebesar 2.4 Miliar  Pegadaian Syariah hanya mampu mencapi 897,700 ribu rupiah di tahun 2013.

Untuk menjawab permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan produk Arrum pada Pegadaian Syariah se Kota Pekanbaru, apakah pembiayaan produk Arrum pada Pegadaian Syariah berpengaruh signifikan terhadap pengembangan usaha mikro dan kecil dan pelaksanaan produk Arrum pada Pegadaian Syariah se Kota Pekanbaru ditinjau menurut prespektif ekonomi Islam. Untuk menjawab masalah tersebut, terlebih dahulu peneliti melakukan uji coba instrumen yaitu uji validitas dan uji realibilitas dan dilanjutkan uji Normalitas dan uji Asumsi Klasik dengan analisis Regersi Linier Sederhana dengan menggunakan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 20.

Dari hasil temuan berdasarkan nilai t hitung  variabel produk Arrum sebesar 4.222.> t tabel  (0,05: 42) = 2,0181. dimana nilai signifikansinya 0.00 lebih kecil dari 0.05 (0.000<0.05). ini artinya terdapat pengaruh positif yang nyata antara produk Arrum terhadap pengembangan usaha mikro dan kecil sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jika dilihat hasil koefisien determinasi 0,308. Artinya, bahwa kontribusi produk Arrum terhadap pengembangan usaha mikro dan kecil sebesar 30,80% sedangkan sisanya yaitu 60,20% di pengaruhi oleh variabel  lainnya.

Ditinjau menurut ekonomi Islam bahwa pelaksanaan produk Arrum terhadap pengembangan usaha mikro dan kecil pada Pegadaian Syariah se Kota Pekanbaru, masih terdapat penyimpangan yang dilakukan oleh Pegadaian Syariah dalam bentuk Tadlis maupun nasabah dalam bentuk Ghish yang tidak sesuai dengan ekonomi Islam.

Kata kunci: Produk Arrum dan Pengembangan Usaha Mikro Kecil



Kolom Mahasiswa Lainnya :