DAFTAR HASIL SELEKSI PMB PASCASARJANA GEL. I TA. 2018/2019 [LINK S3] [LINK S2] 

situs ridho1991
ANALISIS PENGARUH FAKTOR MAKROEKONOMI TERHADAP NON PERFORMING FINANCING (NPF) PADA BANK SYARIAH DI I
Mahasiswa : Zulkhairil Hadi Syam
Tanggal Posting : 30 Januari 2015
Dikirim oleh : Fajril Anwar Ahda, M.Pd

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRAK 

ANALISIS PENGARUH FAKTOR MAKROEKONOMI TERHADAP NON PERFORMING FINANCING (NPF) PADA BANK SYARIAH DI INDONESIA 

Oleh:

Zulkhairil Hadi Syam

NIM : 21196104246

 

Non Performing Financingmenjadi pembahasan yang paling krusial bagi perbankan syariah karena NPF (Non Performing Financing) merupakan salah satu penyebab utama dari krisis pada sektor ini. Memburuknya rasio NPF menunjukkan terjadinya penurunan kualitas portofolio pembiayaan. Hal tersebut dapat disebabkan oleh risiko sistemik yang timbul dari berbagai faktor makroekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor makroekonomi terhadap rasio NPF bank syariah di Indonesia.

Pengujian hipotesis menggunakan BI rate, nilai tukar, pertumbuhan ekspor dan pertumbuhan total pembiayaan sebagai variabel independen dan rasio NPF sebagai variabel dependen. Regresi linier berganda dipilih dalam penelitian ini untuk menguji kekuatan penjelas dari variabel makroekonomi sebagai determinan dari NPF. Penelitian ini menggunakan data time series dari rasio NPF dan keempat variabel makroekonomi selama periode Januari 2009 sampai dengan Desember 2013.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh negatif yang signifikan antara nilai tukar terhadap NPF dan pertumbuhan total pembiayaan terhadap NPF, sedangkan pertumbuhan ekspor berpengaruh secara signifikan positif terhadap NPF. Sementara BI Rate tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap NPF. Hasil estimasi regresi menunjukkan kemampuan prediksi model 64,9% sedangkan 35,1% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model yang belum tercakup dalam penelitian ini.

Kata kunci: BI rate, nilai tukar, pertumbuhan ekspor, pertumbuhan total pembiayaan, NPF.

 



Kolom Mahasiswa Lainnya :