DAFTAR HASIL SELEKSI PMB PASCASARJANA GEL. I TA. 2018/2019 [LINK S3] [LINK S2] 

situs ridho1991
Konsep Maslahat Dan Aplikasinya Dalam Ijtihad Utsman Bin Affan
Mahasiswa : Ade Candoko, Lc., M.H.I
Tanggal Posting : 26 Januari 2015
Dikirim oleh : Fajril Anwar Ahda, M.Pd

Nama                        : ADE CANDOKO

NIM                           : 21091101140

Tempat Tanggal Lahir : Kuok, 13 September 1984

Program Studi            : HukumKeluarga

Konsentrasi                : Hukum Keluarga

Alamat                       : Jalan Eka Sari No. 001 RT. 001 RW. 001 Sidomulyo Barat Tampan Pekanbaru

 

ABSTRAK

Telah menjadi konsensus dikalangan ulama seluruh umat Islam bahwa tujuan diturunkannya syari`at oleh Allah SWT bagi manusia adalah untuk mewujudkan kemashlahatan di dunia dan akhirat. Oleh sebab itu setiap hukum yang telah ditetapkan berupa perintah yang wajib dilaksanakan atupun larangan yang mesti ditinggalkan mengandung nilai-nilai kebaikan yang akan mengantarkan manusia kepada kebahagiaan yang sejati.

Adapun yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk iijtihad Utsman bin Affan RA dalam memandang mashalahat dan bagaimana pengaplikasian mashalahat tersebut dalam ijtihad-nya serta relevansinya dengan perkembangan hukum Islam kontemporer.

Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah (1) untuk mengetahui metode yang digunakan Utsman bin Affan RA dalam ber-ijtihad (2) untuk mengetahui bentuk mashlahat dalam jurisprudensi hukum yang dilahirkan dari ijtihâd Utsman bin Affan. (3) untuk mengetahui relevansi konsep mashlahat dalam ijtihâd Utsman bin Affan dengan perkembangan konsep ijtihâd di era kontemporer dalam rangka memformulasikan hukum Islam.

Penelitian ini bercorak library research (penelitian pustaka) dengan melakukan pentelaahan terhadap berbagai literatur yang berbicara tentang Utsman bin Affan RA. Literatur yang digunakan berupa karya ulama dalam bidang Fiqh dan Ushulu al-Fiqhi serta sumber-sumber lain dari berbagai latar belakang keilmuan yang mendukung penelitian ini.

Setelah melakukan penelitan dapat disimpulkan bahwa (1) Utsman bin Affan RA memiliki metode tersendiri dalam melakukan ijtihad. Di antaranya adalah Ijma`, Qiyas dan Mashlahah al-Mursalah. (2) Dalam ijtihad Utsman bin Affan RA diketahui bahwa menjadikan mashlahat sebagai salah satu patokan dalam menetapkan hukum melalui usaha ijtihad-nya. Hal ini dibuktikan dengan berbagai kebijakan yang ia ambil, di antaranya penyatuan bacaan al-Qur’an kebahasa Quraisy, pembentukan armada angkatan laut, perintah untuk menangkap dan menjual unta yang tersesat demi mashlahat dan lain sebagainya. (3) Metode ijtihad yang dilakukan oleh Utsman bin Affan RA. Yang berbasiskan mashalahat sangat relevan dengan pembaruan terhadap hukum Islam kontemporer. Di antara permasalahan kontemporer yang bisa diselesaikan dengan konsep ijtihad Utsman bin Affan adalah, jual beli kredit, pembangunan tempat jumrah bertingkat dan berbagai permasalahan kontemporer lainnya.



Kolom Mahasiswa Lainnya :